Bagi penghobi fotografi, memotret sunset dan sunrise adalah pengalaman yang wajib dilalui. Bahkan kini lokasi untuk menyaksikan matahari tenggelam dan terbit semakin banyak digandrungi wisatawan plus fotografer agar semakin mengasah keahlian memotret. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi para fotografer saat akan melakukan photo hunting sunset dan sunrise. Pertama, persiapkan kamera Anda sebaik mungkin karena momen sunset dan sunrise hanya berlangsung singkat. Jangan sampai hanya gara-gara persiapan yang kurang, keinginan Anda untuk mendapatkan foto yang bagus menjadi gagal. Kedua, cobalah berbagai macam style foto, tidak hanya landscape namun siluet dan lain-lain. Ketiga, jika memotret objek yang sudah populer alias banyak dikunjungi wisatawan dan fotografer, carilah angle lain yang belum pernah ada sebelumnya. Pencarian angle yang unik harus didahului dengan persiapan yang matang. Misalnya dengan datang ke lokasi beberapa menit sebelumnya agar kita bisa mengekplorasi dan mempelajari tempat yang akan kita jadikan lokasi pemotretan. Keempat, gunakanlah mode manual pada kamera Anda. Hal itu memudahkan kita dalam menyesuaikan fokus agar sesuai dengan yang kita inginkan.

Nah, beberapa lokasi memotret sunset dan sunrise yang layak Anda datangi di Lombok, Nusa Tenggara Barat sangatlah banyak. Sedikitnya ada 14 tempat yang harus Anda kunjungi dan rasakan sensasinya.

1. Gili Nanggu

Gili Nanggu adalah pulau kecil di Lombok Barat seluas 12,5 hektar. Pulau yang sering dijuluki dengan pulau untuk bulan madu ini masih sangat sepi. Walaupun sepi, namun keindahannya tidak kalah dengan gili yang lain seperti Gili Trawangan, Gili Air atau Gili Meno. Para penghobi fotografi akan mendapatkan view sunrise dan sunset indah di pulau yang berlimpah matahari ini. Langitnya yang hampir tidak pernah mendung ini membuat tenggelam dan terbitnya matahari bisa dilihat dengan jelas.

 

2. Gunung Rinjani dan Kaldera Danau Segara Anak

Jika Anda fotografer yang menyukai tantangan, Gunung Rinjani dan kaldera Danau Segara Anak adalah tempat tepat. Tidak hanya merasakan adrenalin mendaki di salah satu puncak tertinggi di Indonesia, tetapi Anda juga bisa mendapatkan view sunset dan sunrise yang menarik. Berlelah-lelah mendaki melalui rute yang tidak mudah, semua itu akan terbayar saat melihat indahnya pemandangan. Jika cuaca sedang bagus kita akan melihat gunung Agung, gunung Tambora Sumbawa dan Gunung Ijen – Merapi Banyuwangi. Keindahannya makin sempurna jika di abadikan saat sunset dan sunrise.

3. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi adalah destinasi paling populer di Lombok. Setiap penyuka keindahan matahari tenggelam pasti akan tertarik untuk datang ke pantai ini. Keelokannya akan membuat Anda merasa nyaman untuk berlama-lama menikmati surya lebur ke peraduan bumi. Datanglah pukul 18.30 Wita, lalu siapkan kamera Anda untuk mengabadikan matahari terbenam yang indah. Langit jingga dengan ornamen beberapa nyiur serta air laut yang memantulkan cahaya matahari adalah keindahan yang bisa Anda saksikan. Para fotografer juga bisa menggunakan style foto siluet untuk mendapatkan foto Senggigi dengan sentuhan yang lain.

4. Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah pulau paling eksotis di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Selain pesona bawah lautnya yang indah, kecantikan Gili Trawangan yang sering diburu oleh para pelancong adalah pemandangan sunset dan sunrise-nya yang indah. Sunset akan semakin indah jika Anda melihatnya dari sebuah bukit di Gili Trawangan. Dari sini kita akan melihat panorama Selat Bali dan Gunung Agung dari kejauhan. Cahaya emas sunset akan perlahan menidurkan pulau ini. Jika Anda singgah ke Gili Trawangan selama beberapa hari, Anda bisa mengulang beberapa angle sunset dan sunrise yang masih dirasa kurang. Alhasil, Anda akan pulang dengan koleksi beberapa foto terbaik dari Gili Trawangan.

5. Gili Air

Pulau seluas 170 hektar ini merupakan bagian dari trio gili yakni Gili Trawangan dan Gili Meno yang letaknya sejajar. Saat sunset tiba, Anda bisa mengabadikannya dari bibir pantai. Ombaknya yang landai, air yang jernih, laut yang biru kehijauan serta suara burung Camar akan menjadi pemandangan utama Gili Air. Gili Air juga relatif masih sepi sehingga memudahkan Anda untuk mengeksplorasi lokasi sebelum melakukan pemotretan.

6. Pura Batu Bolong

Tidak hanya pantai yang menjanjikan pemandangan sunset yang indah, objek wisata berupa pura pun bisa memberikan sensasi keindahan matahari terbenam yang tak kalah mempesona. Siapkan kamera Anda, saat matahari melebur dengan alam, laut yang disepuh warna matahari keemasan dan pura Batu Bolong yang semakin hening. Sembari menikmati pemandangan ini melalui lensa kamera, dengarkan juga ombak yang senantiasa menabrak karang dan menghasilkan suara yang indah. Dijamin, photo hunting Anda akan memberikan pengalaman spritual yang tidak mudah dilupakan.

7. Selong Belanak

Sunset di Selong Belanak kerap menjadi buruan para fotografer. Pantai Selong Belanak memang tidak akrab di telinga wisatawan, padahal lokasi pantai ini tidaklah terlalu jauh dari Mataram. Terletak di Kecamatan Praya, Lombok Tengah, pantai ini sangat indah. Pasirnya bersih dengan air laut yang biru kehijauan. Keindahan ini berpadu dengan pemandangan sunset yang sangat sayang jika dilewatkan. Pantai ini didampingi bukit yang hijau, Anda bisa naik ke bukit ini untuk mendapatkan angle sunset yang berbeda.

8. Pantai Sire Medana

Pantai Sire Medana yang berada di Lombok Utara ini merupakan objek wisata yang cocok untuk mereka yang sudah berkeluarga. Selain ombaknya yang landai keindahannya tidak diragukan lagi. Sire Medana juga cocok untuk kegiatan photo hunting, khususnya sunrise-nya yang indah. Matahari terbit di titik ini berlatarkan Gunung Rinjani yang megah. Karena view sunrise yang sangat singkat, sebaiknya Anda datang ke pantai lebih awal untuk mempelajari lokasi serta mempersiapkan peralatan.

9. Pantai Labuhan Haji

Sunrise di pantai Labuhan Haji adalah momen yang paling ditunggu oleh para wisatawan. Pantai ini terletak di Lombok Timur merupakan tempat yang sangat stretegis untuk melihat indahnya matahari terbit. Datanglah selepas Subuh dan siapkan kamera yang akan dipakai. Ingat, karena momen sunrise tidak akan berlangsung lama maka sebaiknya Anda menyiapkan dengan baik alat dan jangan datang terlalu mepet. Memotretlah sebanyak mungkin agar Anda dapat dengan mudah memilih angle mana yang memberikan hasil sempurna.

10. Tanjung Ringgit

Berada di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, panorama Tanjung Ringgit sangat memesona. Disini kita bisa melihat Gunung Rinjani dan pulau Sumbawa sekaligus. Kita akan melihat matahari naik perlahan dari Pulau Sumbawa dan memancarkan sinarnya menerangi bumi. Bahkan, demi melihat pemandangan ini, banyak fotografer yang rela menginap sehari sebelumnya agar momen sunrise yang singkat tidak terlewatkan. View menarik lainnya adalah keindahan Tanjung Ringgit yang pantainya dikelilingi bukit. Dari atas bukit terlihat jelas gradasi dari beberapa warna sekaligus seperti biru pekat, toska dan biru muda.

11. Bukit Malimbu

Pencinta fotografi tidak boleh melewatkan bukit Malimbu. Dataran tinggi terusan area Pantai Senggigi ini terletak di kabupaten Lombok Barat. Disini kita bisa mendapatkan view-view yang menarik khususnya saat sunset dan sunrise. Saat sunset tiba, persiapkan kamera Anda untuk mengambil momen indah ini. Disini Anda bisa dengan tenang menikmati sekaligus mengabadikan momen perpindahan matahari yang digantikan bulan. Cahaya jingga plus bukit dan pantai yang romantik akan membuat foto sunset kita lebih sempurna. Jika cuaca sedang cerah, kita bahkan bisa memotret deretan Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno yang terlihat jelas dari bukit.

12. Pantai-pantai di Teluk Ekas

Teluk Ekas yang terletak di Jerowaru, Lombok Timur ini memiliki tiga pantai yang indah, yakni Pantai Cemara, Pantai Surga dan Pantai Kaliantan. Ketiga pantai ini menjadi tujuan para wisatawan untuk menjajal snorkling dan diving. Bagi para fotografer, pantai Kaliantan adalah spot yang tepat untuk membidik sunset. Jika cuaca sedang cerah, kita akan mendapatkan foto sunset yang sempurna untuk koleksi kita. Tidak itu saja, Anda juga akan leluasa mengekplorasi tempat ini karena suasananya yang relatif masih sepi.

13. Tanjung A’an

Tanjung A’an atau dikenal dengan pantai pasir merica ini terletak bersebelahan dengan Pantai Kuta di Lombok Tengah. Selain mempunyai hamparan pasir putih, panorama Tanjung A’an semakin indah dengan adanya bukit di salah satu sisi pantai. Sunrise di Tanjung A’an sangat sayang untuk dilewatkan. Anda juga bisa naik ke atas bukit untuk mendapatkan angle yang lain. Untuk naik ke bukit Anda harus membayar Rp. 2 ribu kepada warga yang menjaganya.

14. Pantai Mawun

Bagi sebagian orang, pantai Mawun mungkin tidaklah banyak dikenal wisatawan. Namun begitu sampai di pantai yang masih perawan ini, Anda akan terpesona dengan keindahannya. Terletak di sebelah barat pantai Kuta, tidak hanya memanjakan para peselancar namun juga fotografer yang ingin mengabadikan sunset yang indah. Untuk mendapatkan view yang eksotis, Anda bisa naik ke atas bukit yang mengapit pantai. Disinilah kita bisa mendapatkan foto sunset yang indah. Perpaduan antara sunset yang berwarna jingga dan air laut yang biru kehijauan niscaya akan membuat setiap jepretan Anda menghasilkan foto dengan perpaduan yang indah.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • gambar sunrise
  • foto sunset
  • pemandangan pantai sunset
  • gambar sunset dan sunrise
  • pantai terbaik di lombok
  • gambar sanset
  • foto tempat wisata di lombok
  • foto sunset terindah
  • gambar pantai cahaya bulan
  • letak gunung rinjani

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,