Tak ada yang mengingkari keindahan pantai Mawun. Terletak di sebelah barat pantai Kuta dan sebelah timur pantai Selong Belanak serta mempunyai panorama yang luar biasa. Pantai yang masih perawan ini layak Anda kunjungi saat berlibur ke Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Seperti layaknya pantai-pantai lain di Lombok, pantai ini juga beralaskan pasir putih yang sangat bersih. Mungkin karena masih jarang dikunjungi wisatawan sehingga pantainya masih sangat terjaga. Selain pasir putihnya yang mempesona, gradasi warna pantai Mawun juga sangat elok. Hijau di tepian dan makin ke tengah semakin biru. Bagi Anda yang suka fotografi, warna laut ini bisa Anda bingkai dengan cantik dari kamera. Di tengah pantai yang berada di desa Tumpak Kecamatan Punjut Kabupaten Lombok Tengah itu ada sebuah bukit hijau menjulang. Bukit ini turut menyumbangkan keindahan pantai. Di bibir pantai, Anda bisa duduk santai sambil menikmati ombak yang sangat cocok untuk para perselancar. Ya, gelombang ombak di pantai ini memang menjadi favorit para peselancar profesional yang ingin menjajal kemampuannya menaklukkan pantai-pantai di Indonesia. Tak heran jika banyak turis mancanegara yang menjadikan pantai Mawun sebagai destinasi wisata mereka.

Tidak hanya peselancar, bagi yang hobi diving atau snorkling, keindahan biota bawah laut pantai Mawun juga sayang untuk dilewatkan. Pantai Mawun memang komplit memberikan surga bagi yang hanya ingin menikmati keindahan pemandangannya dan yang ingin berolahraga air. Oya, di sekitar pantai ini juga terdapat beberapa pepohonan yang bisa digunakan untuk berteduh dari sengatan matahari. Para wisatawan yang tidak ingin berjemur, bisa berlindung di bawah pepohonan ini sambil menikmati es kelapa muda. Sedap.

Bagi yang ingin mendapatkan view yang lebih eksotis lagi, Anda bisa trekking ke bukit yang mengapit Pantai Mawun. Dari ketinggian itu, kita bisa melihat garis pantai yang berkelok-kelok. Lokasi ini juga cocok untuk mengabadikan sunset yang indah di pantai yang nyaris tak terjamah ini. Ya, bagi sebagian orang, Pantai Mawun mungkin bukan menjadi bagian dari daftar pilihan wisata. Selain kurang terdengar namanya, akses menuju titik ini memang agak sulit. Walaupun jalan menuju pantai sudah beraspal namun kondisinya cukup buruk. Mawun hanya berjarak sekitar 30 km dari Pantai Kuta sehingga hanya diperlukan waktu sekitar 1 jam untuk mencapai lokasi. Tetapi karena kondisi jalanan yang berbukit, Anda mungkin akan menempuh waktu yang lebih panjang. Perbukitan menuju Pantai Mawun juga indah. Anda bisa mengarahkan kamera di beberapa tanjakan dan yang terlihat adalah hamparan pantai yang indah dari kejauhan. Kebun-kebun tembakau juga menjadi pemandangan lazim di sepanjang jalan menuju pantai Mawun, Anda bisa sekalian melakukan photo hunting dengan objek para petani yang sedang memanen tembakau atau bertransaksi dengan pengepul.

Dari Mataram, Pantai Mawun ini berjarak sekitar 65 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Sebaiknya Anda tidak menggunakan kendaraan umum karena rute ini jarang dilewati. Rute terbaik untuk mencapai Mawun adalah Mataram – Kediri – Praya- Penunjak – Selong Belanak- Mawun. Rute ini memang bukan satu-satunya tapi merupakan jalur yang paling baik yang bisa dipilih dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Selain Mawun, Lombok juga masih mempunyai pantai yang lain yakni pantai Senggigi. Di pantai itu terdapat Pura Batu Bolong yang akan mengingatkan kita dengan panorama Tanah Lot di Bali. Jangan lupa, persiapkan penginapan atau hotel yang akan Anda diami selama berwisata ke Lombok. Beberapa pilihan hotel yang ada di Kota Mataram adalah Lombok Raya Hotel, Lombok Garden Hotel atau Grand Legi Hotel. Selamat liburan!

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,