Konsekuensi wajar dari wilayah yang mempunyai kawasan pegunungan dan bukit adalah adanya air terjun yang indah. Air terjun tetap menjadi destinasi wisata yang menarik diantara objek wisata lainnya. Begitu pula di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Setidaknya ada 9 air terjun yang kerap dikunjungi pelancong. Kesegaran air dan keindahan alamnya membuat air terjun tetap menjadi primadona wisata.

1. Air Terjun Sendang Gile

Air terjun Sendang Gile mempunyai tinggi sekitar 35 meter. Airnya yang jernih dan dingin membuat wisatawan selalu menghabiskan waktu untuk mandi dan bermain di sungai yang menampung limpahan air dari bukit. Keindahan ini didukung dengan aneka pohon dan tumbuhan yang berjajar di sepanjang mata memandang. Lokasi air terjun ini tidaklah terlalu jauh, Anda hanya akan menghabiskan waktu sekitar 15 menit dari jalur treking menuju Gunung Rinjani. Jalanan menuju air terjun sudah ditata demikian rupa sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kesasar. Sedikitnya ada 500 anak tangga yang harus dilewati sebelum akhirnya menyaksikan keindahan Sendang Gile. Puas bermain air dan merasakan kesejukannya, Anda bisa sembari mengisi perut. Ada Rumah Makan Senaru yang menyediakan aneka makanan. Dari pondokan rumah makan ini Anda tetap bisa menyaksikan derasnya air terjun. Seperti halnya banyak tempat wisata lainnya, air terjun Sindang Gile juga menyimpan cerita legenda. Konon airnya jika dipakai untuk mandi dan membasuh muka akan membuat kita awet muda.

2. Air Terjun Tiu Pupas

Air terjun Tiu Pupas berada di dusun Kerurak, desa Genggaleng, kecamatan Gangga. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 m dengan kedalaman kolam 4 m dan luas 100 m persegi. “Tiu” artinya genangan air dalam jumlah yang besar, sedangkan “Pupas” artinya sebuah akar yang tumbuh dari sebuah pohon yang biasanya hidup di tebing-tebing sungai dan daerah pegunungan yang tinggi. Disini Anda akan melihat panorama pegunungan yang sangat indah. Sepanjang mata memandang adalah tumbuh-tumbuhan hijau yang menyejukkkan mata. Lokasi ini masih sepi karena belum banyak wisatawan tahu sehingga fasilitasnya juga tidak memadai. Namun karena jarang yang menikmati Tiu Pupas justru menjadikan tempat ini menarik. Anda bisa bermain sepuasnya dengan teman atau kerabat tanpa ada yang mengganggu.

3. Air Terjun Tiu Kelep

Tiu Kelep yang terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Berbeda dengan Tiu Pupas , air terjun Tiu Kelep memiliki ketinggian 42 meter dan bertingkat-tingkat. Airnya cukup deras dan besar. Namun kolam yang berada di bawahnya tidak begitu dalam, hanya sepinggang orang dewasa. Dasar kolam lembut, sehingga memudahkan pengunjung untuk berenang. Dalam bahasa Sasak “Kelep” bermakna “terbang”. Sehingga nama ini ingin menggambarkan kondisi air terjun yang buih-buih airnya berterbangan di kolam. Banyak yang percaya, bahwa dengan mandi menggunakan air Tiu Kelep akan membuat Anda awet muda. Air terjun Tiu Kelep berjarak kurang lebih 60 km dari Mataram.

4. Air Terjun Batara Lejang

Air terjun Batara Lejang. Lokasinya berada di hulu atas dari air terjun Sendang Gila dan Tiu Kelep. Tempat ini masih sangat alami, sehingga tidak banyak yang mengunjungi. Walaupun begitu bukan berarti objek wisata ini tidak mempunyai daya tarik. Di Batara Lejang ada sumber air panas yang jernih. Anda bisa menghangatkan badan plus relaksasi di titik ini. Untuk mencapai air terjun Batara Lejang Anda harus melewati jalur pendakian ke Gunung Rinjani. Perjalanan dari pos pemeriksaan pertama sampai pintu rimba bisa ditempuh dalam waktu 30 menit. Selanjutnya dari pintu tersebut ada jalan setapak menuju Batara Lejang.

5. Air Terjun Tiu Teja

Air Terjun Tiu Teja berada di Desa Santong, Kecamatan Kayangan. Namanya Tiu Teja yang artinya “pelangi”. Ketinggian air terjun Tiu Teja sekitar 40 meter dengan lebar 10 meter. Di sekeliling lokasi ini ditumbuhi tumbuh-tumbuhan yang asri dan lebat. Dibawah air terjun ini terdapat kolam kecil yang bisa digunakan untuk berenang dan bermain. Lokasi air terjun ini berjarak 35 km dari Bangsal. Kendati akses menuju tempat ini mudah, tetapi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan karena tidak ada kendaraan umum.

6. Air Terjun Jeruk Manis/ Air Terjun Jukut

Air terjun Jeruk Manis ini punya ketinggian sekitar 40 meter dengan curah air yang sangat besar dan jernih. Objek wisata yang menyegarkan ini berada di kaki gunung Rinjani tepatnya di sebelah selatan kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Rinjani. Menurut cerita yang turun temurun, air terjun ini dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit terutama juga berkhasiat untuk menyuburkan rambut. Untuk pengobatan penyakit, biasanya dilakukan dengan ritual tradisional yang dipimpin oleh seorang Pemangku. Bagi yang ingin sekedar bermain, Anda bisa berenang sepuasnya disini. Air terjun Jukut merupakan titik awal yang biasa digunakan para pendaki untuk naik ke Puncak Rinjani, oleh karenanya jika Anda ingin kesini, Anda harus berjalan kaki selama satu setengah jam dari Tetebatu. Dengan pemandangan alam yang indah, perjalanan Anda tidak akan terasa melelahkan.

7. Air Terjun Joben

Air terjun Joben disebut juga dengan air terjun Otak Kokok Gading memiliki ketinggian terjunan air sekitar 5 meter. Airnya keluar dari akar pohon Banjur yang berumur ratusan tahun. Air terjun Joben berkhasiat menyembuhkan penyakit. Jika buih air yang menyentuh badan kita berubah warna menjadi putih, artinya badan kita terkena penyakit. Joben terletak di Desa Montong Betok, Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur. Keindahan alam air terjun Joben tak diragukan lagi dan sejajar dengan air terjun lainnya di Lombok. Itu mengapa banyak wisatawan yang mengunjungi destinasi ini.

8. Air Terjun Geripak

Air terjun Geripak berada di ketinggian 500 meter dpl. Para pecinta alam biasanya melalui rute dari desa Dopang, diteruskan dengan menelusuri punggung bukit Segembong. Sesampainya di Berugak Elen Anda bisa sambil melihat pemandangan yang memesona. Terlihat hamparan sawah yang hijau, pantai Ampenan, dan sudut-sudut indah lain di Lombok. Lokasi air terjun ini sangat indah. Airnya khas pegunungan, bersih dan jernih. Kita bisa bermain dan mandi di bawah siraman air terjun Geripak. Tempat wisata ini cocok bagi kita yang sehari-hari sibuk bekerja dan ingin menikmati indahnya alam pegunungan. Air terjun Geripak membuat pikiran dan badan menjadi segar kembali dan siap menjalani aktivitas sehari-hari.

9. Air Terjun Mayung Putek

Air terjun Mayung Putek, beberapa diantaranya menuliskan dengan “puteq”, mempunyai ketinggian sekitar 60 meter. Selain tergolong cukup tinggi, air yang deras menghujam ke bawah itu ternyata mengandung belerang karena berasal langsung dari Rinjani. Itu mengapa air terjun Mayung Putek berwarna putih dan mempunyai khasiat bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Tempat wisata ini cocok untuk didatangi beramai-ramai dengan kerabat atau teman. Sambil menikmati deburan air yang jatuh ke bumi, kita bisa bercanda bersama. Kawasan ini juga masih sangat alami dengan udara yang bersih. Pemandangan indah dan menawan karena berada di kawasan kaki pegunungan Rinjani. Kita bisa menikmati air yang dingin dan menyehatkan serta pemandangan yang elok sekaligus. Pada musim liburan, banyak wisatawan yang memanfaatkan waktu luangnya untuk bersantai di air terjun Mayung Putek. Sayangnya, tidak fasilitas pendukung yang bisa dimanfaatkan pengunjung seperti misalnya toilet atau mushola.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • cerita legenda
  • air terjun yang ada di lombok
  • tiu kelep
  • air terjun dilombok
  • air terjun terindah di indonesia

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,